Arti dari nama "Tribun Sobat Tarki" adalah Tribun adalah panggung untuk tempat bicara dan Sobat Tarki adalah kami sekumpulan dari anak-anak Tarakanita yang cerdas dan berintegritas. Jadi Tribun Sobat Tarki adalah panggung bicara anak Tarakanita yang cerdas dan berintegritas. Dan yang kami publikasikan adalah teks editorial yang telah kami buat.

Minggu, 26 Februari 2023

Pemilih Pemula di Pemilu 2024



Tahun 2024 adalah tahun politik, karena pada tahun 2024 akan digelar pesta demokrasi atau yang biasa disebut dengan pemilihan umum (Pemilu). pemilu 2024 akan digelar pada 2024. Pada Pemilu kali ini akan memilih anggota DPR DPRD DPD dan presiden. Berbicara mengenai Pemilu pastinya akan ada banyak pemilih pemula. tentunya hal ini akan terus menjadi PR bagi KPU agar bisa memaksimalkan sistem Pemilu dengan baik serta meminimalisir menekan angka gol put yang terjadi sebanyak 192,83 juta jiwa (19,24%) dari total keseluruhan pemilih pada tahun 2019.

Pemilih pemula adalah masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih,berusia 17 tahun, tidak lagi menjadi anggota TNI atau Polri.Untuk meminimalisir tindakan golput (golongan putih atau netral) maka KPU harus Gencar dalam melakukan sosialisasi melalui media massa seperti iklan masyarakat di media massa,televisi,koran serta melakukan sosialisasi mengenai Pemilu dan pemanfaatan hak suara sebaik-baiknya. Apabila KPU sudah melakukan sosialisasi ini hendaknya masyarakat (khalayak luas) terlebih pemilih pemula menangkap dan menerima informasi sebaik baik mungkin.

Mengenai tindakan Golput tentunya ada banyak penyebab terjadinya hal ini, seperti merasa tidak ada kandidat calon atau partai pemimpin yang cocok dengan pilihan hati mereka,kurangnya sosialisasi sehingga tidak mengetahui adanya informasi pemilihan umum,serta adanya pemikiran atau Stigma tentang siapa pun yang menang tidak akan bisa merubah kehidupan sehingga berakibat pada Golput.

Sebagai warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih suara,sebaiknya kita harus menggunakan hak tersebut sebaik-baiknya serta menjadikan momentum Pemilu sebagai sarana dalam memajukan kehidupan Berbangsa dan bernegara. Harapannya baik pihak KPU maupun masyarakat pemilih dapat bekerjasama dengan baik sehingga Pemilu 2024 akan Terlaksana dengan baik dan sukses

Penulis: Syalwa 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support